Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Kulon Progo - Persyarikatan Muhammadiyah

Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Kulon Progo
Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Kulon Progo
.: Kembali ke PDM Kabupaten Kulon Progo

Homepage

Program Kerja

1)      Mengintensifkan pelaksanaan Sistem Perkaderan Muhamamdiyah dan menjadikan perkaderan sebagai budaya organisasi di seluruh tingkatan pimpinan, amal usaha, dan institusi-institusi yang berada dalam stuktur Persyarikatan.

2)   Mengoptimalkan pendayagunaan pilar-pilar perkaderan di lingkungan Persyarikatan yakni di keluarga, organisasi otonom, lembaga pendidikan, dan amal usaha Muhammadiyah.

3)    Mengintensifkan dan mendesain pembinaan anggota di lingkungan Persyarikatan dan Amal Usaha dan kelompok-kelompok jamaah melalui Darul Arqam, Baitul Arqam, pengajian khusus, dan berbagai model perkaderan lainnya yang bersifat spesifik.

4)   Melaksanakan Ideopolitor (Ideologi, Politik, dan Organisasi) bagi pimpinan di lingkungan pimpinan Persyarikatan dan amal usaha untuk meneguhkan komitmen ideologis, memperluas visi dan pemikiran, dan mengembangkan organisasi sebagai instrument gerakan Islam.

5)    Menyusun materi perkaderan dan materi ideologi yang terkandung dalam Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah, Khittah Perjuangan Muhammadiyah, dan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah.

6)       Menyelenggarakan Latihan Instruktur disertai pembentukan Korp Instuktur di masing-masing tingkatan sesuai dengan Sistem Perkaderan Muhammadiyah.

7)       Menyusun dan melaksanakan pengkaderan fungsional untuk mewadahi dan menyalurkan potensi anggota dan kader yang tersebar luas di berbagai lingkungan profesi dan lembaga di luar Muhammadiyah.

8)       Meningkatkan proses transformasi kader dengan banyak melibatkan dan memberi peran yang proporsional kepada kader Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dalam berbagai aktifitas Persyarikatan.

9)      Bekerjasama dengan Majlis Tarjih dan Tabligh membentuk forum kajian tafaqquh fiddin (seperti kajian tafsir Qur’an dan Hadits) di semua tingkatan pimpinan.

10)    Bekerjasama dengan Majelis/Lembaga/Amal Usaha terkait penyelenggaraan Darul Arqam/Baitul Arqam dan pengkajian Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah, baik secara teori maupun praktek.

11)      Melakukan koordinasi kaderisasi dengan organisasi otonom pada setiap jenjang pimpinan Muhammadiyah.

12)     Identifikasi, penyusunan data base, dan pemetaan sumber daya kader yang dimiliki Muhammadiyah di semua lini organisasi.

13)   Melaksanakan sertifikasi bekerjasama dengan Majelis Diktilitbang dan Majelis Dikdasmen untuk pengajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lembaga perguruan tinggi serta pendidikan dasar dan menengah.

14)      Meningkatkan kajian-kajian perkaderan untuk pengembangan konsep, model, pendekatan, dan metode yang lebih berkualitas dalam pelaksanaan perkaderan Muhammadiyah.


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website